Pablo Mari Merasa Nyaman Dengan Gaya Bermain Arteta

Mungkin perubahan taktis paling berdampak yang dilakukan Mikel Arteta di Arsenal adalah dengan mendorong garis pertahanan dan memadatkan tim. Pablo Mari yang terbiasa bermain dengan cara ini, sangat penting baginya untuk memiliki waktu yang sukses di klub.

Pertandingan yang mengingatkan saya akan ketidakmampuan Unai Emery sebagai pelatih Arsenal adalah kemenangan 3-0 atas Eintracht Frankfurt pada 19 September. Bukayo Saka mencetak gol brilian, semangat muda dari permainan The Gunners sangat mencengangkan, dan tim memenangkan pertandingan pertama mereka musim ini dengan lebih dari satu gol.

Mungkin terlihat seperti pertandingan yang aneh untuk menyadari bahwa Emery adalah pelatih kepala di bawah standar, tetapi ada alasan untuk kesimpulan saya. Dalam pertandingan itu, Arsenal memiliki pertahanan yang buruk. Mereka kebobolan 24 tembakan, tujuh tembakan tepat sasaran, dan mengandalkan Emiliano Martinez untuk melakukan beberapa penyelamatan hebat di setengah jam pertama untuk menjaga mereka tetap dalam pertandingan.

Alasan untuk ini adalah kekompakan, atau kekurangannya, dari tim. Ini sebagian besar berasal dari garis pertahanan dalam yang diperintahkan Emery, sementara juga meminta pemain depan untuk menekan tinggi-tinggi nada. Yang meninggalkan lini tengah tengah dengan ruang menganga untuk menutupi. Mereka kemudian sangat mudah dimainkan, Frankfurt melewati pers Arsenal tanpa ada bisikan masalah.

Ketika Mikel Arteta tiba sebagai penerus Emery, salah satu perubahan pertama dan paling berpengaruh yang ia lakukan adalah mendorong garis pertahanan ke atas lapangan untuk memadatkan tim. Ini mengurangi ruang yang harus dilewati lini tengah ketika menekan tinggi di atas lapangan dan membuat tim jauh lebih sulit untuk dimainkan. Bukan kebetulan bahwa Arsenal telah kebobolan lebih dari satu gol hanya dalam dua pertandingan, keduanya melawan Chelsea.

Minggu ini, Arsenal menandatangani bek tengah Pablo Mari untuk memperkuat posisi terlemah di skuad. Pembalap Spanyol itu tiba dengan kontrak pinjaman enam bulan dari Flamengo dan akan membantu dalam rotasi defensif sentral yang dipekerjakan Arteta selama bulan-bulan terakhir musim ini. Dan dikatakan bahwa Mari sangat nyaman bermain di garis pertahanan yang tinggi.

Tidak seperti Emery, Arteta menerapkan pers yang tinggi dengan garis pertahanan yang tinggi. Ini adalah cara yang jauh lebih efektif untuk melaksanakan rencana taktis, tetapi itu membuat bek tengah ke dalam situasi yang tidak menguntungkan karena mereka harus bertahan dengan ruang yang luas di belakang mereka. Serangan balik adalah ancaman besar. Jadi penandatanganan center-half yang nyaman dalam bermain di garis pertahanan tinggi sangat penting untuk keseluruhan rencana.

Mari cocok dengan gaya Arteta. Sama seperti fakta bahwa ia berkaki kiri, kompetensi dan kenyamanan Mari dalam bermain di garis pertahanan tinggi sesuai dengan pendekatan yang akan diterapkan Arteta, dan itu sangat penting.